GIGITAN ANJING GILA

Pagi-pagi hari ini aku dikejutkan adanya berita gigitan anjing gila. Berita ini disampaikan oleh salah satu staf Puskesmas Bamban yang tinggal di perumahan Pustu Pakuan. Ada seorang wanita nama Norhayah usia 40 Tahun alamat Desa Bamban Selatan RT 3 di laporkan telah di gigit seekor anjing waktu di bonceng suami pada jam 15.00 Wita dan langsung di bawa suaminya ke pustu dan telah mendapat pertolongan pertama; membersihkan luka dengan air bersih selanjutnya diberi obat merah dan obat-obatan dan dianjurkan besok hari (Hari Rabu) untuk ke Puskesmas Bamban untuk mendapatkan Vaksin Antirabies.
Mendapatkan laporan tersebut lalu saya lihat pesedian vaksin di imunisasi ternyata tidak ada. Langsung saja kontak dengan Dinkes HSS untuk pengadaan vaksin IVar .
Sewaktu mau berangkat ke dinkes untuk mengambil vaksin ternyata ada lagi berita kasus gigitan anjing gila di di desa Pandulangan sewaktu menyemai bibit padi, akhirnya diputuskan meminta vaksin sebanyak 2 paket. Vaksin sudah didapatkan dan siap untuk diberikan pada penderita
Prosedur pemberian vaksin anti rabies (Verorab)
1. Siapkan vaksin (vaksin verorab terdiri atas vial vaksin dan injeksi ) Setelah diencerkan maka vaksin siap untuk diinjeksikan pada penderita.
2. Persiapan penderita, daerah injeksi pada regio deltoid (bahu) di berikan diinfektan dengan kapas alkohol.
3. Tusukkan disposible pada derah bahu secara miring ke bawah dan dalam intramuskular lalu injeksi cairan vaksin secara perlahan-lahan dan gentelmen (sebelum tidak dilakukan skin test).
4. Cabut jarum dari bahu dan disfeksi kembali
5. Selanjutnya menerangkan sedikit masalah penyakit rabies dan penanganannya serta memerintahkan pasien untuk kembali lagi 3 hari kemudian.
Pemberian vaksin antirabies dilakukan sebanyak 4 kali (D0, D3, D7 dan D 28) pengulangan pemberian vaksin pada daerah bahu dengan injeksi secara intramuscular
Ternyata pada hari yang sama (Selasa) ada 2 kasus gigitan anjing dan satu lagi di Kaliring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: