Sumber Alami Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu zat gizi esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Untuk memperolehnya harus di ambil dari sumber diluar tubuh terutama dari sumber alam, seperti bahan sereal, umbi, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, hewani dan bahan-bahan olahan lainnya. Berikut bahan-bahan alami yang diketahui mengandung bahan utama pembentuk Vitamin A.

  1. Sereal ; jagung kuning
  2. Umbi-umbian: ubi kuning, ubi kuning kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah,
  3. Biji-bijian; kacang ercis dan kacang merah
  4. Sayuran; bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daun talas, bayam merah, daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjangl,  serta daun hijauan lainnya, Gandaria, kacang panjang, kankung, kol cina, labu kuning, pak soy, putri malu, ranti muda, rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo dan wortel.
  5. Buah-buahan; apel, buah negeri, kesemek, mangga, pepaya, pisang, sowa serta sukun.
  6. Hewani; daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur dan juga telur ikan asin.
  7. Hasil olahan lainnya; kepala susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta tepung susu.

Itulah bahan-bahan sumber vitamin A yang kita rangkum dari referensi depkes RI semoga bermanfaat mencegah kekurangan vitamin A yang berakibat gangguan keratinisasi kulit dan juga selaput mata.

10 Tanggapan

  1. Selamat pagi, dok.. saya pemuda usia 26th, saat ini penglihatan mulai berbayang, tidak buta warna, seperti minus, saya pakai kacamata minus 2, gimana untuk memperbaiki penglihatan saya ya, dok? terimakasih . ( RyoAzza@gmail.com ) 085695293020

  2. to @segoro bening, dengan keluhan hipertensi disertapakah penurunan penglihatan saya menduga orang tua saudara dicurigai menderita katarak. untuk mengkonfirmasi perhatian pada pupil , apabila tampak putih hal ini sangat mungkin akibat katarak atau baiknya periksa ke dokter ahli mata .
    @erul, kalau boleh tahu sudah berapa lama menderita ini, saya belum bisa memastikannya apakah ini suatu gejala dari kekurangan vitamin A atau karena konjungtivitis,(radang mata). Untuk kekurangan vitamin A tentu saja dapat diatasi dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A,tapi untuk kasus konjungtivits lebih sulit penangannya, harus dipastikan dulu penyebabnya baru di terapi

  3. asslmkm….wr.wb…,dok…. orang tua saya usia 56 thn mempunyai penyakit darah tinggi dan skrg kalau malam hari pandangan matanya sangat terbatas dan hanya bisa melihat kalau ada cahaya yg sgt terang contohnya sinar lampu motor tanpa hal tersebut sudah tidak bisa melihat sama sekali……tapi kalau siang hari penglihatannya normal…..mohon petunjuk dok….tentang kondisi mata dan hipertensi orang tua say……trimakasih atas bantuannya…..wasslmkm…wr..wb..

  4. GMNA YAH CARANYA BIAR MATA ELERGI MATAHARIKU BIZA SEGERA SEMBUH???

  5. tbc dapat sembuh total, namun belum terbukti dapat memberikan kekebalan bagi penderita tersebut, sehingga masih dimungkin tertular kembali. Namun yang terpenting dalam mencegah kambuh kembali adalah mempertahankan status gizi sebaik mungkin, lainnya kalau ada orang yang batuk dalam suatu ruangan tertutup sebaiknya kita hindari dengan menutup hidung dan mulut kita

  6. saya sobana,umur 17 thun.mau tanya,klau penyakit tbcnya dah smbuh total,bsa mengidap penyakit tbc nya lg g?

  7. bang, ko’ menurut buku yang saya baca, Vitamin A itu dapat di produksi oleh tubuh, tapi saya tidak tahu di mana di produksinya

  8. trimakasih…

    yah ini sangat membantu saya untuk lebih tahan lama dalam melihat TV

  9. Manthabbb…
    Buka Konsultasi lewat blog ja Dokter ai😀.

  10. Alhamdulillah blog pahuluan ada nang dokter kawa jua batakunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: