Sulitnya Berhenti Merokok

Kalau mau jujur,  saya juga pernah merokok dan sangat sulit untuk berhenti.  Tapi aku bukan perokok usia dini dan baru bisa mencoba merokok saat kelas 1 SMA sampai kuliah . Pernah mencoba berhenti merokok dan bertahan cuma beberapa bulan eh kembali lagi merokok. Upaya berhenti berlangsung hingga 3 kali dan terakhir aku merokok saat masih PTT di Paringin (sekarang Kab. Balangan) seterusnya saat tidak merokok lagi.

Mengapa kebiasaan merokok tidak mudah di hilangkan.  Ada istilah tersendiri bagi kaum perokok untuk sebuah kepuasan saat merokok yakni suatu tradisi ritual sebelum merokok dari mulai mengeluarkan rokok dari bungkusnya, melinting batang rokok dan mengamat-amati dan mencium batang rokok dengan menghidu bau rokok didepan hidung. Perangsangan reseptor nikotinik oleh nikotin berakibat peningkatan konsentrasi dan gejala euporia ringan. Pengaruh lebih jauh dari nikotin adalah dengan cara yang sama pada akvitas kesenangan lainnya yakni meningkatnya pelepasan dopamin. Nikotin berikatan dengan reseptor nikotinik itu lebih mendominasi dan untuk waktu yang panjang dibandingkan dengan neurotransmiterlainnya, akhirnya menghasilkan keadan kronik yang merugikan.

Ketidak teraturan pada reseptor nikotinik di susunan saraf pusat terjadi sebagai akibat dari  keadaan yang berlawanan, dan dalam jumlah normal asetilkolin endogen tidak cukup untuk mempertahankan aktivitas fisiologi dari reseptor tersebut, cenderung mengakibatkan toleransi. Artinya, ketergantungan berkembang disebabkan tubuh kita tidak mampu untuk melepas lebih banyak neurotransmiter dan akibatnya, diperlukan pemberian nikotik secara periodik dan berulang untuk mempertahakan aktivitas tubuh berjalan secara normal .

Ketergantungan nikotin menyebabkan suatu sindrom abstensi yang karakteritik ditandai oleh gejala-gejala yang berkaitan dengan kelainan pada susunan syarat pusat (contoh iritabil, pemarah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi.), meskipun ada berbagai gejala nonspesifik lainnya dapat terjadi, ini bervariasi tergantung intensitas dan  lamanya. Gejala ini biasanya terjadi dalam beberapa jam setelah berhenti merokok, mencapai puncaknya setelah 2-3 hari. dan bisa berlangsung hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Ada hasrat (seperti mengidam) memainkan peranan penting dalam mempertahankan kebiasaan merokok dan cenderung menyebabkan kekambuhan dalam merokok bagi seseorang yang mencoba berhenti merokok.

Upaya terapi dengan farmasi sebetulnya sudah tersedia informasinya, yakni dengan memakai regimen yang mengandung nikotin dan obat bupropion. Namun sangat disayangkan ternyata kedua bahan ini belum ada informasi telah beredar di Indonesia.  Dan yang terakhir ini kita tentu semua mendengar adanya fatwa dari MUI tentang HARAMnya ROKOK bagi beberapa golongan umur tertentu dan ibu hamil. Lihat semua kalangan kayanya sudah frustasi dalam memerangi bahaya rokok ini.

15 Tanggapan

  1. Wah… dasar berat pa ae maampihi roko… serasa ada yang hilang dari dunia ini.. Tp kalau ada kemauan ,, so pasti bisa.. ya kan pak…

  2. Memang tidak mudah menghentikan kebiasaan merokok. Saya pernah berhenti total merokok selama setahun. Tapi, ketika sekali memulai, akhirnya kembali merokok sampai sekarang. Tapi, suatu saat, saya harus berhenti merokok.
    Salam kenal, Pak Dokter, dari anggota Pahuluan.

    @ Anton
    Terapi pasangan? Wah, saya juga pernah mengalaminya. Tapi, justru istri saya sekrang malah jadi bosen memarahi saya. Diancem macem-macem juga, tetap aja saya merokok lagi. Ha…ha…

  3. Saya sdh pernah berhenti merokok selama 1 thn. ttp sekarang kumat lagi. Sampai2 saya pernah mau minta sama orang yg bisa menghentikan merokok (tentunya dengan jampi2), sayangnya setelah dicari2 orangnya sdh meninggal, jd ga kesampaian maksud saya.
    Saya juga pernah mengkonsumsi gula2 dan sejenisnya (gulaan atau pagoda pastiles) agar bisa melupakan rokok, tetap saja tdk bisa. Malahan kadar gula darah saya tambah tinggi.
    Mohon saran dari Pa dokter. Trima ksh.

  4. @liza
    wah baru tau nih,.. kurasa masih banyak bahayanya dibanding keuntungannya bagi kesehatan
    @syam
    jangan sakali-kali mancobai, kaina ngalih banar ma ampihinyanya. lihat kaya anton diancam segala hanyar mau berhenti merokok.
    @anton
    Wah terima kasih atas tipsnya semoga bermanfaat bagi orang banyak.
    @ iya am buhan patugas ini nang galih banar dipadahi.

  5. tapi dok, orang merokok itu kemungkinan terkena parkinson itu lebih sedikit lhooo,..hehhehe

    tapi, mereka akan terkena resiko penyakit lain akibat rokok,..bener ngga???

  6. untung ulun kada bisa merokok….

  7. Alhamdulillah saya sekarang sudah berhenti merokok. Terapi yang paling cocok adalah terapi pasangan. Pasangan saya selalu marah dan mengancam akan meutuskan hubungan jika saya tetap merokok. Alhamdulillah terpi itu berhasil…..ada yang mau ikut terapi ala saya?🙂

  8. ya am te rugi ham pa doktor ae,,,
    tapi ngalih bnr m`ampihi…
    saran ulun padoktor ae,gasan andika,,untuk sosialisai berhenti merokok,sebaiknya dilakukan dlu dilingkungan andika bagawe,soalnya dlihat tu bnyk bnr pagawainya jua nang barokok,,jadi ngalih masyarakat ne handk manuruti ampih barokok,mun patugas kasihatannya jua barokok…

  9. @ jamrud
    Maaf saya tidak tahu apa yang anda maksud dengan rokok herbal, tapi setahuku rokok asalnya emang herbal, kalau untuk mengurangi gejala hasrat (sindrom witdrawl) merokok itu hanya ada dari obat bupropion dan preparat nikotin

    @ Syams
    Untuk Jenis perment ada, tapi apa ada di kota kita/banjarmasin yakni nikotin Lozenges.

    @kalacingan
    Anda saya rasa sudah saatnya mengurangi kebiasaan anda, peringatan bahaya merokok yang tertera dibungkus memang benaran adanya. pikirkan untuk ruginya bagi anda

    @mia
    Palak kalu lawan baunya jua ai nich… untuk request nanti kita usahakan

  10. Waduh yg nama y roko ini ulun paling benci pa ai…apalagi asap y kena ulun…menyumpah to pank..haaa..haaa…pa request postingan y tentang masalah perempuan atau tentang mag dunk…..

  11. ya am anu ae nglih bnr hndk m`ampihi barokok ne.,,,
    hndk kada barokok,nglih bnr bgwean,skit t pg kapala mun kd bakukus muntung…..
    tpi syukur hj pg ky sorng ne kd ky orng barokok,sorng paling 2 bungkus sahari t…

  12. 😆 memang paling susah berhenti dari kebiasaan ini pak…saya udah berapa kali nyoba tapi ga berhasil sampai sekarang….😥

  13. Pa Syam, memang efek merokok (‘nikotin’) meningkatkan konsentrasi kita, sehingga belakanganya kita jadi terbiasa untuk mengerjakan tugas-tugas lembur dengan menghisap rokok yaitu tadi untuk meningkatkan konsentrasi alias jadi ketagihan.
    Sedang untuk konsultasi caranya; ajukan saja pertanyaan masalah kesehatan di ruang konsultasi (halaman konsultasi) kapan saja en online, nanti saya akan menjawabnya saat yang telah saya tentukan yaitu hari selasa, Rabu dan Sabtu jam 14.15 s/d 15.15. maaf untuk saat ini waktu dibatasi dulu maklum masih coba-coba metode ini. Dan mohon sarannya untuk perbaikan layanan ini. Dan kalau malu pa syam bisa pakai anonim aja atau lewat email di dr_moerid@yahoo.co.id

  14. Saya sebelumnya nggak merokok, Pak Dokter. Tapi setelah setahun belakangan ini banyak kerjaan lembur akhirnya terpikat juga sama rokok. Malam-malam yang penuh tekanan pekerjaan di depan komputer ditemani asap rokok.

    Efeknya sih lumayan membuat sedikit rileks dan pikiran lebih terbuka (menurut saya). Ini sangat membantu pekerjaan yang saya geluti memerlukan banyak energi pikiran.

    Ingin juga sih berhenti merokok. Cuma..ada nggak ya ganti dari rokok yang memiliki efek membuat pikiran rileks. Mungkin kalau ada sejenis permen atau minuman asal jgn banyak merugikan kesehatan…

    Ditunggu saran dari pembaca dan Pak Dokter..

  15. Memang sulit untuk menghilangkan kebiasaan merokok,saya dari kelas 5 SD sdh curi-curi merokok dan akhir nya kelas 2 SMP sdh bebas merokok dirumah sampai saya lulus SMU thn 99 tahun 2000 saya coba berhenti merokok cuman mampu 3 bulan setelah itu kegiatan merokok saya lanjutkan sampai sekarang,mungkin karna tempat kerja saya tak ada AC,sebenarnya sdh berbagai cara saya lakukan untuk berhenti sampai pernah saya lukai bibir saya agar tak merokok tapi setelah sembuh merokok lagi,tapi sekarang mencoba rokok herbal yg kata iklan nya “merokok sambil berobat” kalau pak dokter mau mencoba rokok herbal hubungi saya.

Tinggalkan Balasan

