Musrembang Kec. Angkinang

Musrenbang adalah singkatan dari Musyawarah Rencana Pembangunan. Musrenbang ini suatu proses dari arus bawah  yang berisi usulan-usulan pembangunan dan dilaksanakan secara berjenjang.  Pertama dilaksanakan di tingkat desa lalu tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional. Usulan yang disampaikan dalam forum musrenbang ini harus mengacu pada RPJMD masing-masing daerah dengan tetap memperhatikan tingkat urgensy, seriousness dan growth.

Tadi pagi Senin tanggal 23 Pebruari 2009 jam 09.00 Wita saya mengikuti Musrenbang kecamatan Angkinang  dalam kapasitas sebagai pengusul pengadaan sarana dan prasarana serta kegiatan program kesehatan lainnya. Bagi Puskesmas forum musrembang ini sangat berarti sekali bagi menunjang kegiatan pelayanan kesehatan, karena setiap perencanaan yang akan diusulkan ke dinas kesehatan kabupaten harus  melalui forum ini. Forum musrenbang ini satu-satunya wahana dalam mengajukan usulan pembangunan saat ini.

Sebelum pelaksanaan ini Puskesmas Bamban telah mengajukan beberapa usulan namun saat melihat hasil rekapitulasi dari kecamatan saya sedikit kecewa karena pengadaan mobil pusling yang merupakan prioritas sekarang ini tidak tercantum. Selain itu juga terdengar beberapa peserta yang kecewa akan beberapa usulan yang mereka ajukan tidak terealisasi hingga saat ini. Akhirnya pada saat sesi diskusi saya mengajukan intropsi kepada Plt. pejabat Camat Angkinang mengenai usulan pengadaan mobil Pusling dengan alasan mobil Pusling yang ada sudah tidak layak untuk perjalanan  jauh yang akan berakibat terganggunya proses rujukan pasien. Dan saya sangat bersyukur karena usulan saya di tanggapi dengan baik.

Ada satu hikmah yang ku dapat dari proses musrenbang kali ini, yakni kita tidak bisa membiarkan sesuatu usulan kegiatan tanpa pengawalan dari kita sendiri. Kita harus tahu sampai dimana usulan kita telah berada. Tanpa semua itu usulan kita akan berhenti ditingkat kecamatan, yang  pada akhirnya akan mengganggu proses pelayanan di puskesmas. Tentu saja hal ini tidak kita inginkan.

2 Tanggapan

  1. Apapun hasil yang diperjuangkan semoga membawa manfaat untuk kepentingan masyarakat di kec. Angkinang.

  2. selamat ya dok moga PKM nya tanbah maju.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: