Sekilas Papadahan MENPAN RI di bumi Antaludin

Hari ini, Senin tanggal 2 Maret 2009 sebagaian besar PNS se HSS diharapkan kehadiran di gedung olahraga dan seni (GOS) untuk menghadiri Upacara Gelar Kesiapan & Kontak Kinerja Aparatur Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan Menuju Kabupaten yang Agropolitan Mandiri Unggul dan Religius. Acara ini dilangsungkan dihadapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Bapak Drs. H. Taufiq Efendi, MBA dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimanantan Selatan Drs. Muchlis Gafuri.

Semua Pejabat Daerah dari Sekda, Unsur Muspida, Kepala SKPD, Kepala Kantor, Kepala Badan, Direktur RS, seluruh camat seHSS dan lain-lain diwajibkan hadir untuk penandatangan kontak kinerja ini. Acara yang dijadwalkan jam 08.30 Wita ternyata molor hingga 09.30 Wita. Acara dimulai setelah MenPAN yang diikuti Bapak Bupati, Wakil Bupati, Sekdaprov, Ketua DPRD dan unsur Muspika telah berhadir didepan seluruh hadirin. Sebagai pembuka acara dikumandangkanlah lagu kebangsaan kita Indonesia Raya, setelah itu dilantunkan ayat-ayat Suci Al-Qur’an.

Acara selanjutnya Laporan Panitia Penyelenggara dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Bupati Hulu Sungai Selatan Dr. H. M. Safi’i, MSi tentang kesiapan Kabupaten Hulu Sungai Selatan menuju Kabupaten Agropolitan yang Mandiri, Unggul dan Religius. Setelah itu sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang dibawakan Bapak Sekdaprov. selanjutnya pengucapan Ikrar Kebulatan tekad untuk menjadikan Kab HSS menjadi Kabupaten Agropolitan yang Mandiri, Unggul dan Religius oleh Bupati dan Wakil Bupati dihadapan Menpan diakhiri dengan penandatangan ikrar tersebut. Tak ketinggalan juga dilaksanakan pengucapan ikrar oleh seluruh kepala SKPD dan camat se HSS. Karena proses cukup lama banyak hadirin yang kepanasan dan keluar sehingga timbul suara gaduh yang cukup mengganggu acara ini.

Sampailah akhir saat-saat yang dinantikan yakni penyampaian pesan atau bahasa banua papadah oleh Bapak menpan yang orang banua (orang Barabai jar tapi ada juga nang mamadahkan hidin orang Martapura yang penting haja orang kalsel) Drs. H. Taufiq Efendi, MBA. Beliau memulai papadahan dengan sapaan bahasa Banua. Ini ada sedikit yang dapat kita petik dari pesan-pesan beliau.
Untuk menjadi seorang memimpin kita harus :

  1. Amankan perut
  2. Amankan Hati, dan
  3. Amankan Pikir

Dan sifat yang harus dimiliki seorang Pemimpin itu antara lain :

  1. Harus menjadi tokoh panutan
  2. Komando, pemimpin suatu aksi kegiatan di bidang kerja masing-masing
  3. Guru bagi staf yang kita pimpin
  4. Orang tua, harus bersikap kasih sayang
  5. Sahabat.

Selain itu juga cukup baik kita kutip tetang pernyataan beliau beda antara Pintar dan Bodoh yang beda tipis artinya orang yang pintar hanya karena dia membaca buku lebih dulu.

Kita menganut asas politik demokratis yang bisa kita banggakan di pergaulan internasional eh ternyata struktur politik adalah feodal sehingga cukup rumit dalam menata negara ini.  Selanjutnya penyampaian pesan melewati media slide ternyata dari belakang cukup sulit terbaca oleh hadirin sehingga penyampaian beliau cukup sulit ditangkap oleh audien yang ada tribon belakang. Sebelum menutup papadahan seluruh peserta diminta beliau untuk sama-sama menyanyikan lagu nasional (lupa judulnya dulu waktu sd sering kami nyanyikan mungkin Cinta Tanah Air Indonesia).

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ketua MUI Kab HSS KH Muhkyar Dahri dan lagu Padamu Negeri.

4 Tanggapan

  1. iya tuh mudahan aja para pejabat di banua kita bisa menjaga amanah, miabu sebenarnya saat itu pak Menpan sempat bicara keras tapi tidak bisa terekam habis pecah suara nya, kalo nyasar ke wadah kami kada papa, kada kami jua nang di omeli
    @ budi, bujurlah pak menpan orang barabai
    @wahyu. kaina belajar memasang putu jua, mo nanya nah adakah baisin buku php

  2. Mudahan tercapai visi dan misi y..mudahan saja penghancur y tdk dimulai oleh orang paling penting dibanua kita…gmn mo maju kalau begitu..ya kan pa dokter???hehe..protes y nyasar kepuskes bamban..

  3. huhuhu tanks jg atas infonya….

  4. Mantap nah review-nya… merangkap jadi wartawan kah kesahnya neh….😀
    sayang kdd putu-putu nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: