Virus Blog itu Akhirnya Menyebar

Wah, … menakutkan sekali jangan-jangan nanti blogku ini bisa rusak tampilan. Oh tidak mungkin terjadi virus blog yang dimaksud adalah sebuah ide atau sebuah konsep yang dibangun sebagai media penyampaian laporan rutin dari puskesmas ke dinas kesehatan kabupaten dalam kerangka mempercepat proses tersebut tanpa kendala waktu dan jarak karena dilakukan secara online.

Semua ini di mulai saat pertama kali diluncurkan blog kami yakni https://puskesmasbamban.wordpress.com, yang bertujuan menyampaikan laporan rutin secara realtime dan ternyata ide atau virus ini (kalau saya boleh mengistilahkannya) perlu memakan waktu panjang sekitar 1 tahunan baru mendapat respon yang baik. Dalam menempuh waktu yang panjang itu blog kami telah bergabung dengan KBP (Komunitas Blogger Pahuluan) dan pernah mengikuti lomba penulisan blog di www.bugiakso.com dan juga memberi komentar pada beberapa blog lainnya guna memperkenalkan diri tentang keberadaan blog Puskesmas Bamban di dunia maya tak lupa juga memasukan blog ini di search engine om Google sehingga sampai sekarang kunjungannya mencapai 2 ribuan, lumayan lah dari pada tidak ada.

Saat bergabung dengan KBP ini saya banyak mendapat tips-tips yang membangun dalam mempercantik  tampilan blog ini. Dan dari forum Kopdar Pebruari  2009 yang bertempat di KFC Kandangan di jalan hanyar tercetus suatu gagasan melaksanakan suatu sosialisasi blog ke sekolah-sekolah dan instansi lainnya. Salah satu yang mau dijajaki pertama kali adalah Instansi Dinas Kesehatan Kabupaten karena adanya blog kita yang menjadi anggota KBP. Lalu akupun menghubungi bagian promosi dinkes hss tentang kemungkinan melakukan sosialisasi blog dan pembuatan dan ternyata gayung pun bersambut pihak dinkes hss menanggapi positif gagasan ini dan bisa dilaksanakan saat pertemuan promokes bulan depan. Pada Bulan Pebruari ini salah satu pegawai Puskesmas Bamban yang menjabat tenaga promokes yakni Bapak Rusaidi Fahmi dengan blognya http://umaelah.blogspot.com turut juga bergabung di KBP sehingga rencana sosialisasi dapat berjalan lancar.

pa-syam (Bapak Syamsuddin Ideris Memberiksan Paparan dalam Workshop Blog di Dinkes Kab. HSS)

Kemaren hari Selasa tanggal 17 Maret 2009 (mungkin ini perlu dicatat dalam sejarah bidang promokes kab hss) dilaksanakan acara sosialisasi blog dan cara pembuatannya oleh Bapak Syamsuddin seorang aggregator (dedengkot dari KBP) juga telah memiliki blog pribadi yakni www.blog.syamsuddin.net kepada seluruh tenaga promokes sekabuapten HSS . Acara dimulai dengan paparan cara pembuatan blog di aula dinas dan dilanjutkan dengan praktik pembuatan akun email dan blog di warnet Rara@net di Simpang Lima Kandangan.  Dalam praktek ini memang banyak ditemui kendala karena ada peserta yang belum pernah membuka internet sehingga perlu lama dalam membuat akun yang dimaksud. Tapi pada akhirnya semua peserta dan kasi di dinkes dapat juga membuat akun email dan blog. Untuk melihat blog-blog yang baru dibangun oleh puskesmas se kabupaten hss anda dapat melihatnya pada link  diblog ini .

Sebagai salam penutup saya pribadi akan menghaturkan terima kasih kepada Bapak Rusaidi Fahmi, Elmami,  H. Mursidi, SKM, M.Kes dan juga tentu saja Bapak Dinkes Kab.HSS Drg.H. Garsmedi, M.Kes yang telah memberikan bimbingan dan pengarahannya.  Terkhusus bagi Bapak Syamsuddin terima kasih atas bantuan dalam memsosialisasikan pembuatan blog ini sehingga virus yang saya maksud dapat menyebar dengan baik  Wassalam dr. Muhammad Riduan

14 Tanggapan

  1. Just blogwalking. Let me introduce my self. Nice blog.

  2. wah hebat yah, simpus disana sdh aktif. Kami kota serang belum terjamah. Maklum walau kota kami masih balita, baru lahir kemaren sore. Applaus deh terutama untuk pkm bamban

  3. Salut buat seluruh jajaran dinkes HSS krn sdh online, mudah2an HSU jg menyusul…mari bersama kt bangun e-goverment..

  4. @pkm sungai ayak, salut saya mbak dgn simpus sungai ayak yg sudah ekspos sama depkes. Ada satu hal yg harus kita ketahui masalah staf teknisi yg mungkin ranah pemikiran di tahun2 ke depan . Hai mbak tengok blog pkm sei ayak aku tdk bisa buka

  5. Hebat, Puskesmas di HSS sudah pada punya blog. Bedalah dengan Kab. Sekadau. Sudah capek kami mbujuk biar punya blog, sudah berkali-kali kami bilang ke orang dinkes agar membuat email buat menampung laporan dari Puskesmas, namun sampai sekarang sepertinya belum akan terwujud. Kononnya ada berbagai kendala yang belum bisa diatasi. Kok susah ya ? Beberapa Puskesmas memang telah saya bantu pembuatan blognya. Ada yang bisa jalan setelah dibuatkan, ada juga yang tak disentuh-sentuh. Katanya belum pandai ngisi kontennya. Waduh …. apa kita lagi yang harus ngisi ?
    13 – 14 Juli kemarin, Puskesmas Sungai Ayak diikutkan dalam rapat Validasi Data Dasar Puskesmas se Kalbar yang diprakarsa oleh Dinkes Prop. Kalbar. Dalam kesempatan tersebut, Puskesmas Sungai Ayak diberi kesempatan untuk menyampaikan materi tentang SIMPUS ala Puskesmas Sungai Ayak. Hadir juga orang Depkes (Ibu Rahmaniar Ibrahim dan Bpk Bambang Hartono). Sepertinya orang Depkes tertarik akan SIMPUS Sungai Ayak. Bahkan ibu Rahmaniar menawarkan agar SIMPUS tersebut dapat dipresentasikan jika Depkes mengadakan rapat/pertemuan terkait. Nah …. kalau kejadian, waduh… nggak tahulah gimana nanti. Mudah-mudahan aja terwujud.
    Jadi biarpun kita ini berada di daerah terpencil, jangan pernah merasa terpencil. Kita juga bisa berbuat sesuatu yang besar dan berguna bagi orang banyak. Betul ?

  6. Hai pak dokter … saya mbah yat puskesmas karangbendo, bukan dokter , bukan bidan dan bukan mantri. saya hanya seorang penjahit . Pengen masyarakatku sadar kesehatan, sadar pendidikan dan sadar perubahan jaman. Masak dari satu rt dimana kami tinggal (40 KK) yang punya kakus tuk BAB hanya beberapa glintir saja. Sisanya buang di sungai. Buang di pekarangan buang dimana-mana. Tolong bantu cara motivasi tuk pemberdayaan masyarakat.

  7. hah.. jadi hiri nah…
    kaya kami di pedalaman kaltim ni.. ngalih banar.. mangikuti perkembangan zaman..

    mudah-mudahan blog nia di baca ulih orang banyak..

  8. Rame y paaaaaaa……. Mudahan walaupun sedikit dm sedikit KBP bs memberikan sgl hal positif melalui dunia blog…

  9. semalam tu saorang pas kena jaga siang, padahal handak banar mambantui pa syam,,, sukses ja gasan pahuluan…

  10. Umpat bajanguk..

  11. Wahh….rame ya. Kapan pak ada acaranya yang kedua? pingin ikut juga nih….

  12. Mbak yang di Puskesmas Mojoagung kalau begitu ayo kita gedor rumahnya depkes.go.id dengan komentar secara berkala siapa tahu ada tanggapan dengan virus blog ini. ya siapa tahu bu Menkes syukur2 diberi laporan oleh staf atawa apanya lah tentang keberadaan kita ini wes, salam sukses Puskesmas Bamban

  13. Virus Blog ini kaya’nya juga sudah menyebar di Kab. Jombang. Maalahnya Dinas Kesehatan masih belum memfasilitasi hal ini sehingga beberapa Puskesmas sibuk sendiri menghubungi kami untuk belajar. Semoga saja virus blog ini segera menyebar ke DEPKES sehingga bu Menkes pun ikutan ketularan virus blog. Mau bantu nyebarin virus blog ini ?????😀

  14. Beh kd tau dihabar pa’ae nah….jk tau umpat ha…kw jw pasang tampang wan bubuhan dinkes kdg…😆 pokoknya kt harus go blog, sekolah tempat ulun begawi ja beisi blog…biar dipinggiran, tp mun urusan dunia maya yg terdepan…hallaaaah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: