24 Maret Hari TB Sedunia

Dalam sebuah memorial tanggal 24 Maret 1982 merupakan tonggak sejarah penemuan kuman penyebab TBC oleh Robert Koch. WHO menetapkan tanggal 24 Maret sebagai hari TB mengingat sejak saat itu kita telah memasuki era baru dalam diagnosa dan pengobatan penyakit TBC seperti rilis dari Depkes RI baru-baru ini. Kuman penyebab tuberkulosis ini di kenal dengan nama Mycobakterium Tuberkulosis yang dominan  menyerang organ paru , tetapi juga mengenai organ tubuh lainnya.

Mycobacterium Tuberkulosis. Kuman ini berbentuk batang , mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan, sehingga di kenal sebagai kuman Basil  Tahan Asam  (BTA). Kuman ini tidak dapat bertahan lama dengan sinar matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup beberapa jam di tempat yang gelap dan lembab, misal rumah dengan ventilasi dan sinar matahari yang kurang . Dalam jaringan tubuh kuman ini dapat dormant, tertidur lama selama beberapa tahun (Depkes RI 2002).

picture-022a Pengelola Program TB Puskesmas Bamban Bapak Syamsuddin Nor

Cara Penularan. Sumber penularan berasal dari penderita TBC dengan BTA positif. Pada waktu batuk atau bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan dahak). Droplet yang mengandung kuman dapat bertahan diudara pada suhu kamar selama beberapa jam. Orang dapat terinfeksi kalau droplet tersebut terhirup kedalam tubuh manusia melalui pernafasan. Setelah kuman TBC masuk kedalam tubuh manusia melalui pernafasan, kuman TBC tersebut dapat menyebar dari paru kebagian tubuh lainnya, melalui sistem perderan darah, sistem saluran limfe, saluran nafas, atau penyebaran langsung ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Diagnosa TBC. Langkah terpenting dari penalaksanaan TBC adalah diagnosa TBC, khusus pada orang dewasa adalah dengan ditemukannya kuman BTA pada pemeriksaan dahak secara mikroskopis. Ini merupakan diagnosa pasti dari TBC dengan kata lain seseorang dipastikan menderita TBC jika dahaknya mengandung kuman TBC. Namun apabila dalam dahak tidak ditemukan adanya kuman BTA sedangkan gejalanya mengarah ke TBC maka pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan pemeriksaan sinar Rontgen. Bila pemeriksaan sinar rontgen hasilnya positif, maka orang itu dinyatakan sebagai pendeerita TBC Ro positif.

Tata Cara Pemeriksaan Dahak. Perlu dilakukan pemeriksaan dahak 3 kali untuk memastikan seseorang menderita TBC atau tidak. Waktu pemeriksaan dahak adalah sebagai berikut :

  1. Sewaktu (S); dahak diambil di unit pelayanan kesehatan pada waktu kunjungan pertama kali
  2. Pagi (P) ; dahak diambil pagi hari berikutnya dirumah segera setelah bangun tidur pagi kemudian dibawa dan diperiksa di unit pelayanan kesehatan ,
  3. Sewaktu (S); dahak diambil diunit pelayanan kesehatan pada saat menyerahkan dahak pagi.

Apa yang harus dilakukan apabila penderita sulit mengeluarkan dahak ? Untuk memudahkan pengeluarkan dahak, dapat dilakukan cara sebagai berikut ini :

  • Malam hari sebelum tidur minum satu gelas teh manis
  • Melakukan olah raga ringan seperti: naik turun tangga, lari-lari kecil kemudian tarik nafas dalam beberapa kali dan baru dibatukkan
  • Minum tablet gliseril guayakolat, yaitu obat batuk untuk memudahkan pengeluaran dahak. Obat ini bisa diperoleh dari petugas kesehatan
  • Berjemur dipanas matahari.

Setelah menjalani pengobatan TBC penderita masih diperlukan pemeriksaan ulang dahak sebanyak 3 kali .

  1. setelah selesai tahap awal pengobatan
  2. sebulan sebelum akhir pengobatan
  3. pada akhir pengobatan ,

setiap kali pemeriksaan diambil 2 dahak pagi dan sewaktu

2 Tanggapan

  1. ssalam kenal😀

  2. Salam sukes untuk Puskesmas Bamban, sayang fotonya gelap pak….😀 btw, Puskesmasnya luas buanget ya… sempet lihat pas di acara maulid Nabi Muhammad SAW. Smga Sukses dlam pemberantasan TB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: